Konsep diri adalah perspektif seseorang dalam melihat jati dirinya berdasarkan penampilan dan interaksi sosialnya. Remaja sekarang ini cenderung mengalami konsep diri yang negatif terutama pada perubahan fisiknya, mereka akan merasa tidak puas dengan penampilannya, kesulitan menerima dirinya, selalu merasa bersalah dan khawatir. Jika kondisi ini berlanjut, maka akan mengakibatkan remaja kurang bersemangat dalam belajar dan menjalani hidup, menghindari orang lain dan akan merusak diri sendiri. Beberapa komponen konsep diri: citra tubuh, ideal diri, harga diri, performa peran dan identitas diri. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan konsep diri siswa SMA. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah responden 129 siswa yang dipilih pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa siswa dengan konsep diri yang positif sebanyak 128 siswa (99,2%). Sedangkan yang negatif sebanyak 1 siswa (0,8%). Pada setiap komponennya didapat bahwa citra tubuh siswa yang positif sebanyak 122 siswa (94,6%), ideal diri realistis yaitu 129 siswa (100%), harga diri tinggi yaitu sebanyak 73 siswa (56,6%), performa peran memuaskan sebanyak 128 siswa (99,2%) dan identitas personal jelas yaitu 128 siswa (99,2%). Meskipun menunjukkan hasil yang mayoritas positif, disarankan agar metode pembelajaran pada siswa SMA memberikan lebih banyak ruang untuk aktivitas pembelajaran yang mendukung pengenalan diri dan kompetisi yang sehat diantara siswa yang lainnya serta meningkatkan pembinaan karakter disekolah sehingga dapat membantu siswa dalam membangun konsep diri yang lebih positif.
Posting Komentar untuk "Gambaran Konsep Diri Siswa SMA"