Caring behavior merupakan sikap perhatian kita untuk klien dengan merasakan apa yang mereka rasakan serta memperhatikan keluarga mereka. Seorang perawat mempunyai sikap peduli dalam melakukan tindakan keperawatan, dan melaksanakan tindakan tersebut lewat prosedur keperawatan. Untuk mengetahui persepsi pasien tentang caring behavior perawat di ruang St. Laura Rumah Sakit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif,pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dengan 6 pertanyaan sehingga mampu menggali lebih dalam lagi mengenai persepsi pasien tentang caring behavior perawat di ruang St. Laura Rumah Sakit. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 309 partisipan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini purposive sampling dengan 5 partisipan yang dipilih berdasarkan rasional. Teknik analisa data yang digunakan: thematic analysis. Hasil penelitian: Caring merupakan tindakan memberikan perhatian bagi sesama, kepedulian dengan memberikan atensi, saling berbagi, saling membantu, dan memberi kekuatan kepada mereka yang sedang sakit. Caring behaviormerupakan tindakan mendengar dan bertanya keluhan pasien, menjawab pertanyaan pasien, dan datang dengan cepat saat dibutuhkan pasien. Caring behavior merupakan kehadiran perawat dengan memberikan semangat, memancarkan sukacita dan kegembiraan, serta saling berbagi, sehingga pasien memiliki semangat untuk kembali pulih ke kondisi yang sebelumnya. Caring behavior adalah respon perawat ditunjukkan melalui sikap yang ramah, selalu tersenyum, dan selalu memberikan salam kepada pasien dan keluarga pasien baik perawat yang tua atau muda, dan perempuan maupun laki-laki yang dilakukan dengan sungguh-sungguh atau sepenuh hati. Diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi untuk meningkatkan pengetahuan tentang caring behavior.
Posting Komentar untuk "Persepsi Pasien Tentang Caring Behavior Perawat Di Ruang St. Laura Rumah Sakit"