Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran daring tidak terlepas dari beberapa masalah dan hambatan yang mengakibatkan mahasiswa megalami stres. Stres merupakan salah satu reaksi atau respon psikologis manusia saat dihadapkan pada hal-hal yang dirasa telah melampaui batas atau dianggap sulit untuk dihadapi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat stres mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring pada mahasiswa prodi Ners tingkat III di STIKes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dengan jumlah sampel 94 responden. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner yang dibagikan secara online melalui google form. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dari 94 responden paling banyak mengalami tingkat stres sedang sebanyak 24 responden (25,5%) dan paling sedikit mengalami tingkat stres sangat berat sebanyak 10 responden (10,6%). Proses penerapan pembelajaran daring memiliki dampak terhadap tingkat stres mahasiswa. Diharapkan menjadi bahan evaluasi untuk memodifikasi metode pembelajaran daring untuk mengurangi tingkat stres mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring.
Posting Komentar untuk "#Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Prodi Ners Tingkat III Di STIKes"