ZMedia

#Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi covid-19 Di SD Negeri Tahun 2021

Peran orang tua adalah suatu hal kompleks pengharapan anak terhadap orang tua yang mempunyai tanggung jawab dalam keluarga. Orang tua pada awalnya berperan dalam membimbing sikap serta keterampilan yang mendasar, agar patuh terhadap aturan untuk pembiasaan yang baik. Pembelajaran daring merupakan salah satu metode pembelajaran online atau dilakukan melalui jaringan internet. Pembelajaran daring dikembangkan untuk memperluas jangkauan layanan pendidikan dan juga meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan. Pelaksanaan pendidikan juga tanggung jawab orang tua dan masyarakat sekitar, tidak hanya tanggung jawab lembaga pendidikan juga sangat menentukan keberhasilan pendidikan anak-anaknya, diantaranya orangtua berperan sebagai: pendidik, pendorong, fasilitator dan pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 SD Tahun 2021. Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan besar sampel sebanyak 61 responden. Penelitian dilakuakan dengan membagikan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian diperoleh peran orang tua baik 59 orang (96,7%) indikator peran orang tua sebagai pendidik ialah mayoritas cukup sebanyak 42 responden (68.9%), peran orang tua sebagai pendorong adalah mayoritas baik sebanyak 48 responden (78,7%), peran orang tua sebagai fasilitator mayoritas baik yaitu sebanyak 49 responden (80,3%) dan peran orang tua dalam pembelajaran daring sebagai pembimbing mayoritas baik sebanyak 49 responden (80,3%). Diharapkan orang tua lebih meningkatkan perannya sebagai orang tua dalam mendidik, membimbing dan mendampingi anak selama pembelajaran daring berlangsung di masa pandemi Covid-19.

Posting Komentar untuk "#Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi covid-19 Di SD Negeri Tahun 2021"