ZMedia

Hubungan Lama Penggunaan Laptop Selama Pembelajaran Daring Dengan Computer Vision Syndrome Pada Mahasiswa Tingkat Akhir di STIKes

Penggunaan laptop pada mahasiswa tingkat akhir sangat dibutuhkan dalam proses belajar untuk mengerjakan tugas perkuliahan dan skripsinya dengan menggunakan akses internet. Penggunaan laptop yang semakin digemari mahasiswa akan berdampak buruk ketika menggunakan laptop dalam waktu yang lama dan akan beresiko untuk menimbulkan keluhan kesehatan. Keluhan yang muncul ialah computer vision syndrome (CVS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan lama penggunaan laptop selama pembelajaran daring dengan CVS pada mahasiswa tingkat akhir di STIKes. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional jumlah responden sebanyak 62 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian diperoleh sebagian besar responden dengan lama penggunaan laptop > 4 jam sebanyak 31 responden (50%) dan mengalami CVS sebanyak 55 responden (88,7%). Hasil uji statistik fisher exact diperoleh p-value= 0,030 (p<0,05), sehingga disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara lama penggunaan laptop selama pembelajaran daring dengan computer vision syndrome pada mahasiswa tingkat akhir di STIKes. Diharapkan mahasiswa dapat menggunakan laptop dengan benar sehingga dapat mencegah munculnya CVS.

Posting Komentar untuk "Hubungan Lama Penggunaan Laptop Selama Pembelajaran Daring Dengan Computer Vision Syndrome Pada Mahasiswa Tingkat Akhir di STIKes"