ZMedia

Gambaran Kesehatan Mental Emosional Anak Sekolah Dasar Yang Menggunakan Smartphone Di SD Negeri

Anak sekolah dasar merupakan peran yang sangat penting bagi tahapan perkembangan anak dalam masa pertengahannya selama masa dan akhir pada anak-anak. Kesehatan mental emosional anak juga dapat mempengaruhi masa depan dirinya sendiri, dan sangat berdampak pada keluarga, teman, guru, dan masyarakat, oleh karena itu orang tua perlu pengawasan pada anak saat menggunakan smartphone, durasi penggunaan smartphone pada anak usia 3-5 tahun 1 jam perhari dan pada anak usia 6-18 tahun 2 jam perhari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran kesehatan mental emosional anak sekolah dasar yang menggunakan smartphone di SD Negeri. Desain penelitian ini adalah desain deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah SD Negeri  sebanyak 71 orang siswa dengan teknik total sampling, alat ukur penelitian ini menggunakan kuesioner SDQ (Strength & Difficulties Ouestionnaire), ada 5 kategori atau aspek perilaku yang diukur mendeteksi kesehatan mental emosional yaitu : masalah emosional, masalah perilaku, hiperaktivitas, masalah teman sebaya, dan prososial, setiap kategori tersebut ada 3 pembagiannya Normal, Borderline, Abnormal. Hasil penelitian didapatkan sebanyak Normal 4 (5.6%), Borderline 62 (87.4%), Abnormal 5 (7.0%). Penelitian ini diharapkan menjadi masukkan untuk anak sekolah dasar agar dapat menyesuaikan diri dilingkungan, orang tua juga sangat berperan penting bagi anak agar anak tidak kecanduan smartphone.

Posting Komentar untuk "Gambaran Kesehatan Mental Emosional Anak Sekolah Dasar Yang Menggunakan Smartphone Di SD Negeri"