ZMedia

Gambaran Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa STIKes

Ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kini berkembang dengan pesat salah satu jenisnya berupa game online, semakin sering seseorang memainkannya dapat menjadi kecanduan dan pada dewasa awal respon emosi sering menghindar dari masalah dengan cara bermain game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecanduan game online pada mahasiswa STIKes Tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling jumlah sampel sebanyak 86 responden. Teknik pengumpulan data ini dengan carakuesioner google form terdiri dari 15 item pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden berada pada kategori kecanduan berat yaitu sebanyak 63 orang responden (73,3 %), kecanduan sedang 17 responden (19,8%), dan kecanduan ringan 5 responden (5,9%). Jika kecanduan tidak ditangani dengan benar dapat menimbulkan tidak terkontrolnya diri karena tidak mampu mengurangi waktu bermain sehingga hubungan sosial dan tugas menjadi terhambat. Saran kepada institusi pendidikan agar memberi arahan kepada mahasiswanya terhadap pemanfaatan waktu khusunya dalam bermain game online.

Posting Komentar untuk "Gambaran Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa STIKes"