ZMedia

Hubungan Self Efficacy Dengan Academic Burnout Pada Mahasiswa Tingkat IV Yang Menyusun Skripsi Di STIKes

Skripsi merupakan tugas akhir yang menjadi penentu bagi mahasiswa yang menjalaninya. Mahasiswa yang melakukan ini kebanyakan merasa stres dan tertekan, sehingga mengakibatkan academic burnout. Pencegahan yang disarankan agar mahasiswa memiliki self efficacy yang tinggi dapat melindungi mereka dari potensi academic burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan academic burnout pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di STIKes. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Populasi berjumlah 110 orang, dengan teknik simple random sampling sampling dengan 52 responden. Hasil uji statistik Spearman rank menunjukkan nilai p =0,000 (p <0,05) dengan r = -0.650, yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan kekuatan sedang dengan korelasi bernilai negatif yang dimana self efficacy meningkat maka academic burnout menurut, begitu pun sebalik jika self efficacy menurun maka academic burnout meningkat. Disarankan kepada responden untuk meningkatkan self efficacy dengan melakukan aktivitas yang disukai dan mengatur waktu untuk mengurangi academic burnout.

Posting Komentar untuk "Hubungan Self Efficacy Dengan Academic Burnout Pada Mahasiswa Tingkat IV Yang Menyusun Skripsi Di STIKes"