ZMedia

Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Online Mahasiswa Program Studi Ners Tahap Akademik STIKes

Motivasi belajar merupakan penggerak seluruh mahasiswa yang menyebabkan kegiatan belajar dapat mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Salah satu yang menyebabkan meningkatnya motivasi belajar online adalah dukungan sosial orang tua baik dalam dukungan emosional, penghargaan, informasi, instrumental maupun dukungan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar online mahasiswa prodi ners tahap akademik STIKes. Rancangan penelitian adalah dengan metode desain Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95 orang. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas dukungan sosial orang tua (85,3%) dan motivasi belajar online (65,3%). Berdasarkan uji Spearman Rank didapatkan p-value 0,001 (p<0,05), sehingga menunjukkan adanya hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar online mahasiswa prodi ners tahap akademik STIKes. Diharapkan responden mampu meningkatkan motivasi belajar online dengan baik dan diharapkan kepada orang tua untuk bisa meningkatkan dukungan sosialnya lebih maksimal lagi. Maka didapatkan kesimpulan bahwa semakin tinggi dukungan sosial yang diberikan oleh orangtua kepada anaknya maka semakin tinggi pula motivasi belajar online anak tersebut. Begitupun sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial orangtua maka semakin rendah pula motivasi belajra online mahasiswa tersebut.

Posting Komentar untuk "Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Online Mahasiswa Program Studi Ners Tahap Akademik STIKes"