Intensitas penggunaan smartphone merupakan kuantitas tingkatan penggunaan smartphone yang diukur dengan frekuensi dan durasi penggunaannya. Motivasi belajar dapat diartikan sebagai keinginan dalam diri untuk mencapai keberhasilan atau target dan mencapai standar nilai tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan motivasi belajar pada mahasiswa ners tahap akademik di stikes. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden 202 orang dengan menggunakan teknik simplerandom sampling. Analisa data dengan uji Chi-square. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas responden memiliki intensitas penggunaan smarthpone yang rendah (81,2%), dan motivasi belajar tinggi (72,8%). Hasil uji chi square dengan p-value sebesar 0,732 (p>0,05) sehingga disimpulakan bahwa tidak ada hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan motivasi belajar Mahasiswa Ners Tahap Akademik di STIKes. Diharapkan kepada mahasiswa agar lebih bijak dalam menggunakan smartphone untuk keperluan pembelajaran. Faktor lain yang perlu diteliti selain intensitas pengunaan smartphone yaitu faktor internal dan eksternal.
Posting Komentar untuk "Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Ners Tahap Akademik Di STIKes"