Motivasi merupakan suatu kemauan yang kuat dari dalam dari dalam diri dan lingkungan, dengan menjelaskan inisiasi, arah, intensitas, ketekunan, serta kualitas perilaku, dalam melakukan suatu tindakan, hal inilah sangat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran tentang apa yang dipelajari, bagaimana belajar, dan kapan memilih waktu belajar melalui daring. Pembelajaran secara daring merupakan salah satu metode berbasis elektronik, dilakukan dengan jarak jauh dan dapat memudahkan siswa untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan dalam menunjang pembelajarannya, metode yang digunakan sangat menentukan keberhasilan dalam meraih prestasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Metode Belajar Daring Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat I STIKes St.Elisabeth Medan Tahun 2020. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, teknik pengambilan sampel: total sampling dengan responden sebanyak 111 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner google form. Hasil Penelitian: Belajar daring mahasiswa tingkat I STIKes didapatkan kategori baik sebanyak 69 orang (62%), kategori cukup sebesar 42 orang (38%). Sedangkan motivasi belajar kategori tinggi sebanyak 72 orang (65%), kategori sedang sebesar 29 orang (26% ) dan kategori rendah sebesar 10 orang ( 9%). Analisa data menggunakan uji spearman’s rho sehingga di peroleh nilai p value = 0.000 (p<0.05) artinya adanya hubungan yang signifikant antara metode belajar daring dengan motivasi belajar mahasiswa. Bagi pengajar diharapkan agar membuat materi pembelajaran yang lebih menarik seperti video animasi dan juga saat proses belajar mengajar di selingi dengan video inspiratif.
Posting Komentar untuk "Hubungan Metode Belajar Daring Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Satu STIKes"