Mekanisme koping merupakan suatu pola untuk menahan ketegangan yang mengancam dirinya (pertahanan diri maladaptif) atau untuk menyelesaikam masalah yang dihadapi (mekanisme koping adaptif), sedangkan pembelajaran daring merupakan kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan jaringan internet, local area network sebagai metode dalam pembelajaran. Masalah dalam pembelajaran daring yang dihadapi siswa akan sangat berpengaruh pada respon mekanisme koping siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran mekanisme koping siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SMPN. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling berjumlah 78 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis kelamin laki-laki lebih tinggi pada penggunaan mekanisme koping adaptif sebanyak 32 responden (41,0%), jenis kelamin perempuan lebih tinggi pada penggunaan mekanisme koping adaptif sebanyak 45 responden (57,7%), dan mekanisme koping siswa di SMPN menggunakan koping adaptif sebanyak 78 responden (100%), dan pada penggunaan mekanisme koping maladaptif pada siswa di SMPN sebanyak 52 Responden (66,75%). Dapat disimpulkan secara umum bahwa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 siswa lebih banyak menggunakan mekanisme koping adaptif. Diharapkan siswa dapat mempertahankan dan meningkatkan penggunaan mekanisme koping adaptif dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat
Posting Komentar untuk "#Gambaran Mekanisme Koping Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN"