Motivasi adalah suatu tenaga atau faktor yang terdapat di dalam diri manusia, yang menimbulkan, mengarahkan dan mengorganisasikan tingkah lakunya, perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan, agar meningkatkan kemampuannya secara maksimal untuk mencapai tujuan organisasi. Ada pun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi hubungan pembelajaran daring berbasis google classroom dengan motivasi belajar mahasiswa STIKes selama masa pandemi COVID-19. Rancangan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 114 orang responden, dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Alat ukur berupa kuesioner. Analisa Data dilakukan dengan menggunakan Uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom kurang efektif (64%) dan Motivasi belajar mahasiswa cukup baik (55,3%). Berdasarkan Uji statistik Chi�square nilai p value = 0.000 (<0.05) maka disimpulkan ada hubungan Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom dengan motivasi belajar di STIKes selama Masa Pandemik Covid-19 Tahun 2021. Di harapkan mahasiswa dapat meningkatkan proses pembelajaran daring berbasis online dengan mengunakan google classroom, WhatsApp, google meeting, Edlink, zoom, dan Edmodo agar pembelajaran online dapat di tingkatkan lagi dalam motivasi pembelajaran daring.
Posting Komentar untuk "#Hubungan Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa STIKes Selama Masa Pandemi COVID-19"