ZMedia

Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Tentang Diabetes Melitus Di Dusun

Pengetahuan memiliki makna sebagai kesadaran yang tercipta di dalam pikiran manusia. Pengetahuan dapat diperoleh melalui pengalaman, pembelajaran, observasi, dan interaksi dengan lingkungan sekitar. Sikap (attitude) mempunyai arti sebagai konsep psikologi menjelaskan prinsip-prinsip positif sebagai kelompok ataupun individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami sikap dan pengetahuan masyarakat mengenai Diabetes Melitus di Dusun. Penelitian ini menggunakan metode descriptif kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 100 responden, pengambilan sampel mengunakan teknik aksidental sampling, sebanyak 49 responden. Alat ukur yang digunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah analisis tabel dalam bentuk frekuensi (f) dan presentase (%). Hasil penelitian didapatkan pengetahuan masyarakat tentang diabetes melitus adalah baik 23 orang (46,9%), berdasarkan definisi adalah baik 25 orang (51,0%), berdasarkan gejala adalah baik 29 orang (59,0%), berdasarkan etiologi adalah cukup 26 orang (53,1%), berdasarkan penatalaksanaan adalah baik 31 orang (63,3%). Sikap pencegahan masyarakat tentang diabetes melitus adalah cukup 26 orang (53,1%), berdasarkan gejala adalah baik 29 orang (59,2) berdasarkan Etiologi adalah cukup 27 orang (55,1%), berdasarkan penatalaksanaan adalah baik 40 orang (81,6%). Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan masyarakat adalah baik dan sikap masyarakat mengenai pencegahan DM masih dalam kategori cukup. Diharapkan masyarakat dapat mengembangkan pengetahuan dan sikap mengenai pencegahan DM, maka perlu diadakan program edukasi untuk masyarakat agar dapat mengetahui bagaimana pengetahuan dan sikap pencegahan yang baik untuk mencegah terjadinya DM. Upaya ini dapat membantu masyarakat dalam memahami kondisi penderita diabetes melitus dan memberikan dukungan dalam pencegahan dan pengendalian diabetes melitus.

Posting Komentar untuk "Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Tentang Diabetes Melitus Di Dusun"