Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat konsumsi makanan danpenggunaan zat-zat gizi. Status gizi dibedakan menjadi status gizi buruk, kurang, baik, dan lebih. Zat gizi berguna untuk menyediakan energi, membangun dan memelihara jaringan tubuh serta mengatur proses-proses dalam tubuh. Gizi berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak prasekolah sedang melakukan proses pertumbuhan yang sangat cepat sehingga memerlukan zat-zat makanan yang relatif lebih banyak dengan kualitas yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran status gizi pada anak prasekolah di TK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 56 responden. Hasil penelitian menunjukkan status gizi pada anak prasekolah di TK Tahun 2021 yaitu status gizi baik sebanyak 22 orang (39,3%), status gizi berlebih sebanyak 19 orang (33,9%), status gizi cukup sebanyak 12 orang (21.4%), dan status gizi obesitas sebanyak 3 orang (5,4%). Peneliti menyarankan kepada guru dan orang tua siswa-siswi untuk dapat mempertahankan serta memperhatikan status gizi pada anak prasekolah untuk menghindari terjadinya status gizi dengan kategori obesitas dan kategori gizi kurang.
Posting Komentar untuk "Gambaran Status Gizi Pada Anak Prasekolah di TK"