ZMedia

Hubungan Peran Peer Group Dengan Verbal Bullying Di SMA Tahun 2025

Peer Group merupakan sekelompok teman sebaya yang saling berinteraksi dan memberikan pengaruh dalam pembentukan sikap, nilai serta perilaku baik dalam kegiatan sosial, pendidikan, maupun hobi bersama, hal ini bisa berdampak positif maupun negatif bagi remaja. Dampak positif peer group sperti meningkatkan motivasi belajar, disiplin akan aturan, dorongan emosional yang positif terhadap sosial untuk menjadikan seseorang remaja menjadi lebih mandiri, namun hal ini bisa juga berdampak negatif antara lain pergaulan bebas yang tidak terkontrol, perilaku bolos dari sekolah, nyontek saat ujian, merokok, pergaulan bebas pranikah, hedonisme, konsumtif dan perilaku bullying yang merupakan perilaku kekerasan psikologis baik verbal maupun non verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peer group dengan verbal bullying remaja di SMA tahun 2024. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional, populasi dalam penelitian 320, teknik pengambilan sampel Purposive Sampling, jumlah sampel 76, instrumen yang digunakan kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh peer group mayoritas pada kategori kuat sebanyak 75 responden (98,7%) dan Verbal bullying terdapat verbal bullying tidak terjadi sebanyak 68 responden (89,5%). Analisa data menggunakan fisher exact test, hasil uji statistik di peroleh nilai p- value = 1.000 yang artinya tidak adanya hubungan antara peran peer group dengan verbal bullying. Diharapkan agar siswa SMA mampu meningkatkan peer group yang positif.

Posting Komentar untuk "Hubungan Peran Peer Group Dengan Verbal Bullying Di SMA Tahun 2025"