ZMedia

Gambaran Tingkat Konsentrasi Anak Pra Sekolah Dalam Pemberian Terapi Bermain Di TK Tahun 2025

Konsentrasi anak usia 5-6 tahun pada umumnya sangat kurang dalam hal belajar, dimana konsentrasi anak yang kurang dapat mempengaruhi hasil belajar anak dan akan berdampak pada prestasi anak selama duduk di bangku sekolah. Salah satu cara untuk untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak adalah bermain puzzle. Permainan puzzle dalam bentuk menyusun gambar dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi, kognitif, dan keterampilan anak dalam menyelesaikan satu tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk melngeltahuil tingkat konsentrasi anak prasekolah pre-test dan post-test pemberian terapi bermain di TK tahun 2024. Metode penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan longitudinal yaitu mengumpulkan data dari sampel yang sama dengan waktu yang berbeda-beda. Poepulasi dalam penelitian ini adalah anak beerusia 5-6 tahun (preeschoeoel) dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik total sampling dengan jumlah responden sebanyak 46 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan wawancara terhadap kepala sekolah. Kesimpulan hasil penelitian ditemukan bahwa skor Pre-test terapi bermain puzzle tingkat konsentrasi anak prasekolah TK Tahun 2024 dapat di simpulkan dengan kategori kadang-kadang konsentrasi sebanyak 35 responden (76,1%). Dan hasil penelitian skor berdasarkan Post-test terapi bermain puzzle tingkat konsentrasi anak prasekolah di TK Tahun 2024 dapat di simpulkan dengan kategori sering konsentrasi sebanyak 42 responden (91,3%). Terapi bermain dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan konsentrasi anak prasekolah khususnya usia 5-6 tahun.

Posting Komentar untuk "Gambaran Tingkat Konsentrasi Anak Pra Sekolah Dalam Pemberian Terapi Bermain Di TK Tahun 2025"